Sebenarnya Bukan Penyakit yang Tidak Ada Obatnya, Kita Saja yang Belum Tahu

by -398 views

APAKABAR NEWS – Berbicara masalah penyakit artinya berbicara tentang nikmat sehat yang merupakan nikmat terbesar dalam kehidupan seseorang setelah keimanan. Semua nikmat tidak ada nilainya, tanpa kesehatan, kecuali iman.

Tanpa nikmat sehat, Anda bisa memiliki semua isi dunia, tapi tidak bisa menikmatinya. Anda bisa mentraktir orang sekantor makanan terlezat yang Anda sukai, tapi tidak bisa memakannya. 

Anda bisa membeli fasilitas rumah terbaik tapi tidak bisa tidur dan istirahat dengan nyenyak. Memang benar, kesehatan bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan segalanya bukan apa-apa, kecuali iman. 

Hal paling menghantui kehidupan manusia adalah “penyakit-penyakit yang tidak ada obatnya”. Contoh terbaru adalah Covid-19. 

Diyakini penyakit ini belum ada obatnya atau tidak ada obatnya. Sebelumnya ada penyakit AIDS. Madih banyak penyakit lain yang diyakini tidak ada obatnya dan menyebabkan banyak kematian.

Penyakit-penyakit seperti itu membuat banyak orang paranoid. Melakukan hal-hal berlebihan yang bahkan sudah menimpakan mudharat kepada dirinya sebelum benar-benar terkena penyakit.

Ini pengalaman kecil yang diceritakan oleh teman saya. Saya ceritakan sebagai gambaran saja bahwa perasaan waswas terhadap penyakit bisa menyebabkan seseorang melakukan hal yang merugikan diri sendiri, juga kesehatannya.