Lebih dari 60 Persen, Tingkat Keterisian RS Rujukan Covid Lewati Ambang Batas

by -167 views
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. /Instagram.com/@westjavagov_.

APAKABAR NEWS – Tingkat keterisian ruang isolasi rumah sakit rujukan di kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) dan Bandung Raya (Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Sumedang) saat ini sudah lebih dari ambang batas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yakni 60 persen.

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, keterisian ruang isolasi Covid-19 di Kota Depok saat ini rata-rata berada di 80 persen.

Ini juga mewakili rata-rata se-Jawa Barat khususnya yang Bodebek dan Bandung Raya. 

“Tapi, kalau di luar itu (Bodebek dan Bandung Raya) relatif masih di bawah 60 persen. Di Bodebek dan Bandung Raya sudah terjadi peningkatan,” kata Gubernur, usai meninjau Pusat Isolasi Wisma Makara UI, Kota Depok, Rabu, 2 Desember 2020. 

Gubernur menyatakan, saat ini tidak ada daerah di kawasan Bodebek yang berstatus Zona Merah atau resiko tinggi untuk kali pertama. 

“Bodebek minggu ini pertama kalinya semuanya tidak ada Zona Merah. Biasanya bergantian, Depok enggak (Zona Merah), tapi Bekasi, sekarang semuanya tidak,” ucapnya. 

Gubernur juga melaporkan, berdasarkan data per 29 November 2020, tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Jawa Barat mencapai 85,65 persen, dimana angka tersebut melebihi rata-rata tingkat kesembuhan nasional, yakni 83,40 persen dan tingkat kematian pasien Covid-19 pun terus menurun.