Tim Nasional Indonesia U-23 Ukir Sejarah Tundukkan Korsel di Piala Asia 2024

by -97 views

–LINTASBOGOR.COM– BOGOR || Tim Nasional Sepak bola Indonesia U-23 mengukir sejarah saat mengalahkan tim sepak bola Korea Selatan U-23 melalui adu penalti dengan skor 2(10)-2(11) di babak perempat final Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jum’at (26/4/2024) dini hari WIB.

Babak Pertama

Pada menit ke-8 gawang Tim Nasional Indonesia U-23 yang dikawal Ernando Ari kebobolan lewat tendangan jarak jauh Lee Kang Hee, sesaat pemain Korsel merayakan gol ternyata wasit yang di pimpin Shaun Evans memilih untuk mengecek VAR. Setelah menonton dan berdiskusi langsung proses gol tersebut, wasit menyatakan tidak sah karena sudah terjadi offside terlebih dahulu dalam proses golnya.

Selang delapan menit kemudian tepatnya di menit 15 Rafael Struick sukses mencetak gol dari tendangan di luar kotak penalti ke gawang Korsel yang di kawal Baek Jong Bum dan membuat skor 0-1. Keunggulan tersebut gagal dipertahankan setelah Komang Teguh melakukan gol bunuh diri akibat kemelut di depan gawang Indonesia pada menit ke 45 dan skor berubah menjadi 1-1.

Kemudian ribuan pendukung Tim Nasional Indonesia U-23 yang memadati stadion Abdullah bin Khalifa kembali bersorak di menit 45+3 setelah Rafael Struick mencetak gol keduanya. Skor menjadi 1-2 untuk keunggulan Skuad Timnas Indonesia U-23 tak berubah.

Babak Kedua

Garuda Muda beberapa kali memiliki peluang untuk menambah gol, namun skor 1-2 tidak berubah. Disaat Timnas Korsel berusaha untuk mengejar ketertinggalan justru mendapat kartu merah setelah Lee Young-jun menekel keras Justin Hubner pada menit 70.

Bermain dengan 10 pemain tak mengurangi semangat juang tim muda Taegeuk Warriors, melalui skema serangan balik yang cepat Timnas Korea Selatan U-23 mampu mencetak gol penyeimbang melalui tendangan Jeong Sang-bin pada Enam menit sebelum pertandingan usai,
skor berubah menjadi 2-2. Tambahan waktu 10 menit, Garuda Muda terus menyerang. Pelatih Korsel Hwang Sun-hong dihukum kartu merah akibat protes yang berlebihan.

Hingga 90 menit waktu normal pertandingan skor tidak berubah 2-2, dilanjutkan ke babak extra time 2×15 menit tidak ada gol tambahan sehingga wasit terpaksa melanjutkan lewat babak adu penalti untuk menentukan pemenang.

Babak Adu Penalti

Korea Selatan 🇰🇷 Indonesia 🇲🇨

M. Kim Gol (1 – 0) ✅ ✅ R. Sananta Gol (1-1)

K. Lee Gol (2 – 1) ✅ ✅ P. Arhan Gol (2 – 2)

J. Hwang Gol (3 – 2) ✅ ✅ R. Struick Gol (3 – 3)

S. Paik Gol (4 – 3) ✅ ✅ M. Ferdinan Gol (4 – 4)

J. Byeon Gol (5 – 4) ✅ ✅ J. Hubner Gol (5 – 5)

S. Kang Gagal (5 – 5) ✖ ✖ A. Fikri Gagal (5 – 5)

S.B. Jeong Gol (6 – 5) ✅ ✅ Kelly. Gol (6 – 6)

Y. Hong Gol (7 – 6) ✅ ✅ R. Ridho Gol (7 – 7)

H. Cho Gol (8 – 7) ✅ ✅ M. Ferarri Gol (8 – 8)

J. Baek Gol (9 – 8) ✅ ✅ E. Ari Gol (9 – 9)

M. Kim Gol (10 – 9) ✅ ✅ Sananta Gol (10 – 10)

K. Lee Gagal (10 – 10) ✖ P. Arhan Gol (10 – 11)

Dengan hasil kemenangan ini, Tim sepak bola U-23 Korea Selatan harus angkat koper. Sementara Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong sukses melaju ke babak Semifinal Piala Asia U-23 pada Senin (29/04/2024).

Untuk calon lawan Garuda Muda di Semifinal, harus menunggu hasil pertandingan antara Arab Saudi versus Uzbekistan pada Jum’at (26/04/2024).

Susunan pemain

Indonesia U-23:
Ernando Ari Sutaryadi, Komang Teguh, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Rio Fahmi, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick.
Pelatih: Shin Tae-yong

Korea Selatan U-23:
Baek Jong-Beom, Byeon Jun-Soo, Lee Kang-Hee, Cho Hyun-Taek, Hwang Jae-Won, Kim Dong-Jin, Paik Sang-Hoon, Lee Tae-Seok, Hong Si-Hoo, Kang Seong-Jin, Eom Ji-Sung.
Pelatih: Hwang Sun-hong.

Red/Hsn