Dandim 0606/Kota Bogor Pimpin Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2022

by -231 views

–LINTASBOGOR.COM– Bogor | Dalam rangka meningkatkan siap siaga seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana di musim penghujan saat ini, Kodim 0606/Kota Bogor melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan penanggulangan bencana alam tahun 2022 yang di ikuti 150 personel dan di pimpin langsung oleh Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Robby Bulan. Selasa (8/3).

Bertempat di halaman Makodim 0606/Kota Bogor, Jl Sudirman no 33 Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, kegiatan tersebut di hadiri oleh Kapolresta Bogor, Dandenpom lll/l Bogor, Kepala BPBD kota Bogor, Kadin Kebakaran Kota Bogor, Kepala pengadilan Kota Bogor, Kasi Intel Kajari Kota Bogor, Sekda Kota Bogor yang diwakili oleh Sekretaris Kesbangpol kota Bogor, Kabid PKS Kesbangpol mewakili Walikota Bogor, Kasatlantas Polresta Bogor serta Kabid Dal Ops Satpol PP Kota Bogor.

Sedangkan unsur yang terlibat yaitu Kodim 0606/KB kemudian Polresta Bogor, BPBD kota Bogor, Satpol-PP kota Bogor, Ormas PPM serta Pemadam kebakaran.

Dalam sambutannya, Dandim menyampaikan bahwa Kodam lll/Siliwangi hari ini melaksanakan apel serentak bahwa kegiatan tersebut yaitu untuk penyempurnaan rencana operasi bencana alam, saat ini bencana alam banyak terjadi hampir di setiap wilayah misalnya banjir akibat hujan yang turun terus menerus kemudian angin puting beliung dan yang sampai saat ini masih terus berlanjut yaitu bencana pandemi Covid-19.

Selain itu menurut Dandim, bahwa kegiatan kali ini yaitu penyempurnaan uji rencana operasi di tingkat kotama, apabila ada situasi di lapangan dan dilaksanakan secara sinergis oleh seluruh komponen yang ada di wilayah kota Bogor.

“Kami juga memberikan pemahaman kepada anggota satgas, dimana pemahaman yang diberikan yaitu pengetahuan yang ada di lapangan baik pencegahan, rekonsiliasi evakuasi dan lain-lain. Untuk peraturan produk hukum, tentunya akan dijadikan sebagai landasan dalam melaksanakan tugas secara sinergis.” Ujar Dandim.

“Dalam hal ini kami juga akan memberikan materi gimana materi tersebut yaitu untuk mempertajam kembali keterampilan dan teknik pertolongan pertama dalam penyelamatan yang dapat di sosialisasikan di lapangan.” Tambahnya.

Dalam keterangannya kepada awak media, Kolonel Inf Robby Bulan menjelaskan Melihat besarnya ancaman bencana alam yang seringkali terjadi diberbagai wilayah, maka perlu adanya peningkatan kewaspadaan. Oleh karena itu, dalam rangka mempersiapkan seluruh potensi baik sumber daya manusia maupun peralatan yang digunakan untuk antisipasi bencana alam, maka dilaksanakan apel seperti saat ini. Pelaksanaan apel ini merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi.

“Kota Bogor merupakan salah satu kota di Pulau Jawa yang juga sering dilanda bencana, khususnya bencana alam hidrometeorologi. Bencana hidrometeorologi tidak hanya banjir saja, melainkan seperti angin puting beliung dan tanah longsor ” ujarnya.

Sementara itu Kapolresta Bogor dalam sambutannya menyampaikan, bahwa negara terus hadir dalam setiap peristiwa bencana alam yang terjadi di kota Bogor. Selain itu Kapolresta Bogor juga menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu paket baik pengurus pengungsian ataupun relawan yang membantu, dan tentunya pola-pola yang harus dilatih dan disiapkan dalam menyiapkan sinergitas adalah yang utama dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam.

Dalam Apel gelar pasukan dan Alkap penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 0606/Kota Bogor TA 2022 juga diberikan materi serta pengenalan alat kelengkapan BPBD kepada peserta apel.

(Red/Hsn)