Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Pemdes Situ Ilir Bagikan Bibit Jahe Ke KPM Manfaatkan Pekarangan Rumah

by -72 views

Lintas Bogor, Cibungbulang – Program Ketahanan Pangan Pemerintahan Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor Berikan Bibit Jahe Sebagai Salah Satu Produk Pangan Untuk Warga Masyarakat Dan Kelompok Tani .

Program yang sedang dijalankan saat ini memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat atau media untuk penanaman jahe yang diberikan kepada warga masyarakat dengan total penerima manfaat sekitar 600 Kpm, Kamis (03/10/2024) .

Menurut kepala desa situ Ilir,’ Subhan S.IP progres program ketahanan pangan ini dibagi menjadi enam kelompok dengan produk jahe yang akan dijadikan sebagai ikonik .

“Progres kedepan untuk ketahanan pangan desa situ Ilir ingin menjadikan produk tertentu yaitu jahe sebagai ikonik yang tentunya juga ini bisa menambah penghasilan warga masyarakat pun program yang sedang dijalankan ini dibagi enam kelompok mudah-mudahan apa yang sudah kita jalankan ini sesuai dengan target dan juga keinginan”Ucapnya

Tidak hanya sebatas jahe yang akan dijadikan produk ikonik Ia pun menjelaskan bahwa program ketahanan pangan 2024 ini ada juga kelompok tani muda yang menggarap sektor pertanian palawija .

“Ada sekitar 3 hektare untuk sektor pertanian palawija yang sedang digarap oleh kelompok tani muda mulai dari sayur mayur dan yang lain nya adapun untuk jahe ini khusus untuk warga masyarakat “Urainya .

Adapun dalam hal pelaksanaan penanaman agar mendapatkan hasil yang maksimal kami bekerja sama dengan balai pertanian wilayah lima yang berkompeten terkait dengan bidang pertanian .

“Sebelum pelaksanaan warga masyarakat atau para kelompok tani diberikan pemahaman, pelatihan bagaimana tata cara pengelolaan yang benar supaya hasil dari produksi bisa lebih baik dan tentunya ini di arahkan oleh balai pertanian”Katanya .Lebih lanjut ‘Subhan,

Dari pemerintahan desa atau satgas ketahanan pangan selalu memfasilitasi apa yang dibutuhkan serta tetap melakukan pengawasan terhadap apa yang sedang dijalankan .

“Harapan kedepan dengan adanya program ketahanan pangan ini kita bisa mempertahankan kebutuhan warga masyarakat bukan hanya sebatas tanaman holtikultura atau nabati namun hewani juga kami melaksanakan kegiatan itu tahun 2022 dan 2023 fokus ketahanan pangan hewani” Harapnya .

Program yang sedang dijalankan ini bersumber dari anggaran dana desa sekitar dua puluh persen secara rinci dengan nominal dua ratus juta lebih sesuai dengan ketentuan permendes yang ada” Imbuh Ketua APDESI Kecamatan Cibungbulang Yang Juga Kepala Desa Situ Ilir Subhan S.IP .

Reporter : Raka Bayu