Edukasi dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar untuk Anak Usia Dini Berbasis Artificial Intelligence (AI) di Kecamatan Nanggung

by -141 views


Lintas Bogor || Edukasi dan Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Artificial Intelligence (AI) diselenggarakan oleh Tim Pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Muhammadiyah Bogor (Umbara) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi sebagai pemberi dana.

Tim Pelaksana merupakan dosen Umbara, Yulia Adiningsih, M.Pd. sebagai ketua pelaksana, Ida Royani, M.Pd. dan Dede Latipah, M.Kom. sebagai anggota. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 7 September 2024 secara luring di PAUD Bunda Gemilang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.


Kegiatan ini membahas tentang cara membuat bahan ajar inovatif berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dikhususkan bagi para pendidik PAUD Bunda Gemilang. Dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi guru PAUD Bunda Gemilang, serta dapat memperkaya keterampilan dan pengetahuan para pendidik dalam memanfaatkan teknologi AI guna menciptakan bahan ajar yang lebih kreatif dan efektif.

Acara ini diawali dengan sambutan ketua pelaksana sekaligus narasumber pertama, Yulia Adiningsih, M.Pd., dalam pemaparannya beliau menyampaikan tujuan terselenggaranya kegiatan ini.


“Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis AI untuk anak usia dini dan meningkatkan keterampilan guru PAUD Bunda Gemilang dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam pembelajaran.” Kemudian beliau menambahkan, “Dengan demikian, diperlukan edukasi dan pendampingan yang terarah untuk membantu guru PAUD Bunda Gemilang dalam memahami konsep AI, mengembangkan bahan ajar kreatif dan interaktif berbasis AI sesuai dengan karakteristik anak usia dini, serta memfasilitasi integrasi teknologi ini dalam proses pembelajaran sehari-hari di lingkungan PAUD.”


“Edukasi ini sangat bermanfaat bagi para pendidik untuk persiapan media ajar yang lebih menarik. Sekaligus membantu meningakatkan kompetensi di lingkungan Bunda Gemilang. Saya berterima kasih karena mendapat kesempatan berkolaborasi bersama dosen-dosen Umbara. Harapannya, semoga pengabdian ini dapat berkelanjutan, karena kegiatan ini sangat bermanfaat.” Ujar Rilah Sukrilah, kepala PAUD Bunda Gemilang saat menyampaikan sambutan.

Dede Latipah, M. Kom. (narasumber kedua) juga menjelaskan bahwa pada era digital ini sangatlah penting bagi para pendidik untuk dapat memanfaatkan teknologi AI guna menciptakan bahan ajar yang lebih kreatif, inovatif, dan efektif.

Setelah pemaparan materi selesai, rangkaian acara berikutnya adalah praktik pembuatan video sebagai bahan ajar inovatif berbasis teknologi AI dengan menggunakan aplikasi chatGPT, Leonardo, Runaway, dan Capcut. Praktik tersebut berlanjut via daring yang didampingi langsung oleh Dede Latipah, M.Kom.


Ida Royani, M.Pd. praktisi PAUD sekaligus dosen Umbara menerangkan bahwa, “Media ajar sangat penting karena bagi anak usia dini media ajar membantu menstimulasi dan merangsang berbagai aspek perkembangan anak usia dini.”


“Alhamdulillah, acara ini sangat bermanfaat. Kami menjadi lebih melek teknologi sehingga kami dapat membuat buku cerita dengan AI. Mudah-mudahan kami dapat membuat bahan ajar yang lebih kreatif dan menarik setelah mengikuti acara ini,” tutur Lisa, salah satu guru PAUD Bunda Gemilang.

( Aa )