UPSELF Adalah Platform Kesehatan Mental Untuk Membantu Mengatasi Masalah Kesehatan Masyarakat Indonesia

by -104 views

Kab Bogor-Lintas Bogor.com-Dimasa Pandemi, virus Corona ini” tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu.

Selain rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan bisa berdampak serius. Nah ! Apa saja gangguan kesehatan mental yang dapat muncul dan bagaimana cara mengatasinya?

Upself Indonesia, yang dikenal dengan Upself talk, melaksanakan Daring Online ke-3 (ketiga) dengan menghadirkan pembicara. Konselor Psikologi Tati Mistati., S.Psi.

Tema Upself ketiga yaitu “Sensorik Disorder Problem” Yang dilaksanakan di komplek Gaperi 1 Block AD no 04 Bojong Gede Kab Bogor. Sabtu (19/12/20)

Dari webinar daring online tersebut yang di ikuti oleh berbagai mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Sekitar 200 mahasiswa mengikuti webinar daring online.

Mistati, selaku konselor pisikologi menyampaikan kepada mahasiswa via daring, yaitu betapa pentingnya menjaga kesetabilan sensorik terutama:

Gustatory yaitu sensorik rasa, bagai mana melakukan Penuturan bahasa, karena bahasa sangat berpengaruh dan bagaimana mengganti kalimat, agar tidak masuk ke gejala stress ringan.Sensorik rasa, sangat menentukan bagai mana sikap serta membagi rasa tersebut. Sedangkan sensorik rasa sedang, bisa dicirikan kepada seseorang yaitu mampu berkomunikasi, mampu bersosialisasi.

Propriocepti atau memori Pergerakan, yaitu keseimbangan seperti berjalan, pergerakan dalam melaksanakan tugas-tugas, untuk melaksanakan suatu kegiatan contoh seperti bagun tidur, mandi, makan agar simulasi sensori lebih baik.

Olfactory yaitu memori penciuman, apabila penciuman tidak dijaga maka akan kembali kepada pribadi yang cuek atau acuh, apabila sensoriknya terjaga maka sensorik emosional respont terhadap aroma bau maupun wangi berarti stabil.

Auditory atau sensorik pendengaran hal ini berpengaruh terhadap telinga bagaimana menyerap suara, dan melakukan relaxsasi dengan terapi auditori.sedangkan Vestibular yaitu, Kelenturan Otot cara mensimulasi kelenturan tersebut berpengaruh untuk emosional, sedangkan visual atau penglihatan yaitu bagaimana menseimbangkan antara visual tersebut dengan jarak pandang, apabila bermasalah maka harus segera di cek”Ungkap Mistati” dalam webinar daring pada hari Sabtu. (19/12/20)

Selain itu masih ada Tactile kata Mistati yaitu sensorik sentuhan dengan rasa, ketika kita menyapa seseorang melalui berjabat tangan, baik dari jarak jauh, atau bisa dengan melambaikan tangan.

Menurut Mistati” sistem sensorik adalah sistem penghantar rangsangan dari reseptor kepusat otak. Sistem ini merupakan bagian dari sistem saraf yang menerima rangsangan dari lingkungan internal maupun exsternal (19/12/20)

[SAWE’I/Hasan/Adi)