Sampah Berserakan Dipinggir Jalan, Mengakibatkan Bau Ke Permukiman, Begini Pengakuan Warga Setempat

by -259 views

Lintasbogor.com, Citeureup – Selalu menjadi pusat perhatian jika Keberadaan sampah atau tempat pembuangan sampah menimbulkan bau dan pemandangan yang tak sedap. Seperti terlihat diwilayah Desa Citeureup, tepatnya dilahan bekas PT Kanisatek. Gundukan sampah sudah sangat mengkhawatirkan bahkan sudah memakan separuh jalan, yang mana jika melintas didepannya membuat kita sangat tidak nyaman pantauan awak media ( Senin, 4 April 2022 ).

Gundukan sampah ini juga menyumbat saluran air, dimana ketika hujan turun menjadikan genangan air bercampur dengan bau busuk yang menyengat.
Dari pemantauan awak media yang membuang sampah bukan hanya dari warga sekitar, akan tetapi banyak dari wilayah luar juga membuang sampah ke wilayah tersebut. Mereka membuang sampah ketika mereka akan berangkat kerja atau memang dengan sengaja membuangnya kesitu.

Menurut Udi salah satu warga setempat keberadaan gundukan sampah itu sangat mengganggu sekali, baik itu dari bau dan mengganggu pejalan kaki yang memang kebetulan harus melalui jalan tersebut. Mereka harus memutar untuk menghindari genangan air yang bau dan kotor.

Memang menjadikan dilema bagi aparat dan masyarakat, tidak ada yang bisa disalahkan. Bagi aparat pemdes belum ada tindakan yang buat efek jera bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan, juga oknum masyarakat yang tidak sadar akan kebersihan dan dampak dari buang sampah sembarangan.     

Mereka tidak mempedulikan kerugian akibat tindakannya buang sampah sembarangan, merugikan masyarakan lainnya yang menggunakan jalan tersebut dan menjadikan sumber penyakit yang bisa menyebar dari akibat sampah yang menumpuk.

“Kami sudah berbuat maksimal untuk menanggulangi gundukan sampah ini, akan tetapi usaha kami tidak ada artinya karena ketidak pedulian warga masyarakat yang membuang sampah sembarangan diwilayah kami”. Ungkap aparat RT setempat yang tidak mau disebutkan namanya.

Memang sampah merupakan sebuah polemik yang harus segera diatasi, kedewasaan warga dan campur tangan Pemerintahan harus menjadikan tolak ukur suatu keberhasilan.

Reported By : Firly