Sambut Gagasan Sandiaga Uno, Kaum Milenial Bandar Lampung Suguhkan ” Tiyuh Jejamo”

by -265 views

BANDAR LAMPUNG, Lintas Bogor.com – Gebrakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, disambut kaum milenial Bandar Lampung dengan menggagas ide membangun kampung wisata berbasis ekonomi kreatif bernama ” Tiyuh Jejamo” yang berarti kampung bersama.

Keterangan foto: Kaum milenial Bandar Lampung penggagas konsep ” Tiyuh Jejamo”

Konsep tersebut (Tiyuh Jejamo,red), diharapkan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat yang merosot akibat Pandemi Covid-19 serta menjadi program percontohan di Bandar Lampung.

” Konsep ” Tiyuh Jejamo” diambil dari bahasa lokal yang berarti kampung bersama. Gagasan ini dipusatkan di wilayah Kopri Raya Sukarame RT07 RK01 tepatnya Jalan Hasan I sampai Jalan Hasan IV,” ujar tokoh pemuda Bandar Lampung, Al Kindi Muqqova pada Minggu (27/12/2020).

Kader partai besutan Surya Paloh itu menambahkan, konsep kampung bersama diharapkan bisa menciptakan nilai tambah bagi peningkatan ekonomi masyarakat dengan menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama.

” Konsep Tiyuh Jejamo ini berbasis komunitas yang terdiri dari berbagai kalangan. Yakni, kalangan kaum milenial hingga ibu rumah tangga. Berbagai macam produk ekonomi kraetif sudah dihasilkan seperti makanan khas Lampung hingga cinderamata alias souvenir,” imbuhnya.

Pengamat sosial dan kebijakan publik, Nur Hepi Yandi mengatakan, gagasan kaum milenial di Bandar Lampung yang mengusung tema kampung bersama yang dalam bahasa lokal disebut dengan istilah ” Tiyuh Jejamo” harus mendapat dukungan penuh semua kalangan. Terlebih, kata dia lagi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyebut 3 (tiga) gagasan utama dalam kementerian pariwisata dan ekonomi yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi yang mana ketiga gagasan itu terdapat dalam konsep ” Tiyuh Jejamo”

” Gagasan Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif, terwakili oleh konsep Tiyuh Jejamo yang digagas kaum milenial Bandar Lampung. Artinya, kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif beserta semua kalangan harus mendukung terobosan tersebut,” kata dia.

Ia juga meminta agar steackholder di kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif serta Pemerintah Provinsi Bandar Lampung segera mengambil langkah nyata sehingga gagasan Menteri Sandiaga Uno bisa tercapai.

” Semua kalangan dimulai dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi hingga Kementerian harus memberikan dukungan penuh terhadap gagasan kaum milenial di Bandar Lampung agar gagasan Menteri Sandiaga Uno bisa terealisasi,” tandasnya. (HEPI/RFS)