Realisasi Program Pemerintah Satu Miliyar Satu Desa (SAMISADE) Di Desa Susukan.

by -64 views

Lintasbogor.com – Bojong gede-
Bogor, Pemerintah Desa Susukan memulai Pelaksanaan Program Pemerintah tentang SAMISADE (Satu Miliyar Satu Desa) .
Dimulai di 2 RW yaitu Kampung Duren Baru Rw. 06 Rw. 07 Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede – Kabuaten Bogor. Untuk menciptakan Lingkungan Indah, Bersih, dan Nyaman bagi Masyarakat. Selasa 10 Agustus 2021.

Program SAMISADE ini telah berjalan di Desa Susukan sejak 7 hari yang lalu, dimana pengerjaan Pengecoran jalan di kampung terpencil pun tak luput untuk di cor agar Masyarakat Pengguna jalan tersebut merasa nyaman, dan untuk meningkatkan Perekonomian dalam pergerakan UMKM dengan perbaikan jalan-jalan terpencil hingga jalan utama yang saat ini sedang dalam pelaksanaan pekerjaan pengecoran jalan.

Sebelumnya pengecoran jalan utama di lingkungan Rw.07 yang sudah selesai pengerjaannya, kini di lanjutkan di lingkungan Rw.06 yang di mulai dari jalan utama yang lebar 400 cm dengan Ketebalan 10 cm.

H.Ikbal Kasi Kesra yang juga TPK Desa Susukan saat di konfirmasi awak media Lintas Bogor.com di lokasi pengecoran jalan, menjelaskan, Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Bogor telah merealisasikan Anggaran SAMISADE kepada kami Pemerintahan Desa Susukan tahap Pertama sebanyak 40 persen dan kami segara segera melaksanakanya.

Ikbal selaku TPK menambahkan, “kalau mengacu kepada RAB atau aturan untuk ukuran lebar hanya 350 cm tapi kami jadian 400cm, ini semua karena ada Swadaya Masyarakat sebanyak 5 Molen,” Paparnya

Salah satu Warga mengucapkan rasa gembira dan senang dengan adanya pengecoran di lingkungan mereka. Lanjut keterangan Ikbal
bahwasanya Lingkungan yang padat Penduduknya, Maka hari ini Saya dan Warga sangat bergembira menyambut Bantuan dari Pemerintah yang melalui ke Desa Kami dengan bantuan SAMISADE ini.

M. Irvan Syahrizal Kepala Desa Susukan saat di wawancarai Lintas Bogor.com, mengenai jumlah pengecoran di 3 Rw yang secara berdekatan dan memang sudah sewajarnya harus di tebalkan dengan Pengecoran jalan. Saat mulai pengecoran di mulai dari Rw.02, Rw.06 dan Rw.07, Kalau kelebarannya 350 cm dan ketebalan 10 cm untuk jumlah panjang keseluruhannya 1300 cm.

Volume speksifikasi menggunakan Beton Readymix dengan mutu Beton K 250 dengan Slum 12, dan kita juga menggunakan terap besi 10″ agar kuat untuk di lintasi oleh kendaraan roda 4. di mana jalan lingkungan ini banyak mengunakan kendaraan bermotor roda 2 hingga roda 4.

kami warga RW. 07 mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintahan Kab Bogor khususnya Bapak Irfan sebagai Kepala Desa Susukan yang telah memberikan SAMISADE ke lingkungan kami yang cukup Lama di dambakan oleh Warga dengan adannya pembangunan Pengecoran Jalan dan penebalan jalan agar lingkungan kami tidak lagi ada yang berlubang-lubang diLingkungan ini “ungkapnya .

Awak media Lintas Bogor.com pun memantau untuk melihat lokasi mulai pengecoran yang ada di lingkungan Rw.07 yang sudah selesai di cor dan di pergunakan pejalan kaki saja belum saatnya di gunakan oleh kendaraan bermotor. saat dalam pemantauan terlihat senyum warga sekitar dengan senangnya warga sekitar dari mulai yang orangtua hingga anak kecil terlihat dari pancarannya sangat menikmati hasil yang sudah di cor terlebih dahulu yang sudah kering. Terlihat anak-anak sedang main sepeda yang tadinya jalan tersebut rusak belum di cor dan kini sudah kering dari cor, asiknya anak-anak bermain sepeda. Orang-orang tua pun merasakan jalan yang sudah rata oleh cor dan tidak lagi becek atau berlubang.

Pengawasan Pengecoran dari anggaran SAMISADE turut di pantau dan di saksikan oleh beberapa elemen pemerintah Desa, Ketua LPM, BPD, Operator Desa, Ketua Rw, Ketua Rt, Linmas Desa, Kepala Desa, Kasi Kesra, Kaur Desa, Bendahara Desa, Babinsa. Babinkamtibmas, serta tokoh masyarakat sekitar.

(Herman koto)