Polemik Sengketa Tanah Ahli Waris VS PT. Centul City Kembali Dimediasi Oleh Kades Karang Tengah Babakan Madang Bogor

by -96 views

Lintasbogor.com, Bogor – Kasus sengketa antara ahli waris keluarga H.Maksudi bin Saemah dengan PT.Centul City atas tanah didesa Karang Tengah kecamatan Babakan Madang kab.bogor seluas 18470 Meter telah sengketa sejak tahun 2014 dan sekarang menjadi polemik babak baru.

Pasalnya, persolan ini dibuka kembali ketika ada surat somasi pertama dari pihak PT.Sentul city kepada keluarga ahli waris dengan No.surat 474/SC-LND/VI/2022 yang menjelaskan bahwa tanah bersertifikat SHGB No.B 279 karang tengah kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor adalah pemilik yang syah atas tanah tersebut.

Hal itulah yang membuat keluarga Ahli waris mendatangi Kepala Desa Karang Tengah ( H.Suhandi ) untuk meminta kepastian status tanah tersebut. Diyakini masih milik Ahli waris H.Maksudi bin Saemah. Senin,(27/6/2022).

Dalam keterangannya kades karang tengah H.Suhandi menyampaikan,
“secara singkat kami menyampaikan kepada Ahli waris dari H.Maksudi ya,kita melihat data yang ada dikantor desa karena sudah beralih makanya kita sampaikan adapun benar atau tidak nya data tersebut kita tidak tau,karena sebelum nya ada kades sebelum saya,maka dari itu kami menyampaikan apa adanya,” papar kades Karang Tengah.

Kades Suhandi menambahkan, “Adanya pertemuan ini maksud dan tujuan nya yaitu kami ingin menengahi dan menjembatani agar persoalan ini supaya selesai dengan cara kekeluargaan dan keinginan saya bisa selesai tanpa harus berakhir dipersidangan dengan cara musyawarah mufakat secara kekeluargaan lah, ” Ungkapnya.

Dilokasi yang sama,awak media meminta penjelasan perwakilan dari ahli waris yang bernama rahmat turut menerangkan,

“Kami dari pihak ahli waris ketika melihat adanya surat somasi yang dilayangkan dari pihak PT.Centul City dengan SHGB No.B.279 kepada kami keluarga ahli waris H.Maksudi, kemarin dan hari ini kami mendatangin pihak desa untuk meminta penjelasan terkait bukti Jual Beli ( JB ) hal ini terjadi ditahun, bulan dan tanggal berapa? Serta didapat dari siapa?
Tak kalah dari pihak sentul juga menanyakan hal yang sama, “ujarnya Ahli waris.

Rahmat menyebutkan,kami dari pihak ahli waris kalau sudah bisa mengetahui bukti notulen dan keabsahan dari pihak desa baru kami agak seedikit lega,namun kalau kita lihat bersama di Leter C nya belum ada mutasi perpindahan dan sekarang setelah adanya setifikat dari PT.Centul city atas dasar apa,kan mustinya ada warkah dari pihak desa,nah itulah pertanyaan besar dari ahli waris kepada pihak desa dan bukti Surat Pelimpahan Hak (SPH ),

Rahmat berharap, kami dari pihak ahli waris berharap persoalan ini bisa diselesaikan secara baik dan kekeluargaan dan ditunggu itikad baiknya.

Rencananya Kepala desa Karang tengah akan mengundang pihak PT.Centul City pada kamis,30 juni 2022 yang akan berlangsung dikantor Desa.

( Red/Abif Sugandi)