Perumda Tirta Kahuripan Mengusung Tema ‘Memuliakan Alam Dan Melayani Kabupaten Bogor’ Dalam Memperingati HUT ke-41 Tahun

by -320 views

–LINTASBOGOR.COM– CIOMAS || Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memperingati HUT yang ke-41 tahun, yang dilaksanakan di sumber Mata Air Ciburial, Ciomas, Kabupaten Bogor, yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta jajarannya, Forkopimda, Pimpinan DPRD Kabupaten Bogor, Direksi, Dewan Pengawas, pegawai Perumda dan para tokoh masyarakat di lingkungan Mata Air Ciburial dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Rabu 02 Maret 2022.

Bupati Bogor, Ade Yasin, dalam sambutannya mengatakan, untuk menjaga sumber mata air ini, dan kami pastikan jika kami selalu mendukung perusahaan daerah ini untuk lebih maju lagi,” ungkapnya.

Ia mendorong perusahaan plat merah milik Pemerintah kabupaten Bogor itu untuk mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga lingkungan, khususnya di sekitaran sumber mata air. “Kalau kami melihat di sini (Ciburial) ada sembilan titik mata air, saya kira ini cukup untuk melayani masyarakat,” ujar Bupati.

Ditempat yang sama, Yuliansyah Anwar, Direktur Utama Perumda Air MinumTirta Kahuripan Kabupaten Bogor, dalam sambutannya berujar bahwa Perumda Tirta Kahuripan sudah menjalankan tugasnya selama 41 tahun dan selalu berusaha meningkatkan kinerja serta kwalitas pelayanan kepada pelanggan secara berkesinambungan. Dan hari ini kami menggelar beberapa kegiatan sosial seperti menanam pohon, Bedah Mushola dan menyantuni anak yatim di sekitar mata air Ciburial.serta Program diskon 40% untuk sambungan baru yang berlaku hingga Maret 2022. Ujarnya.

Dalam kegiatan HUT ini bertema “Memuliakan Alam Dan Melayani Kabupaten Bogor” bertujuan mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan alam di sekitar sumber mata air ciburial ini yang telah mengalir sejak masa kolonial Belanda di tahun 1922. “Harapan kami di hari jadi yang ke-41 ini semoga Perumda Air Minum Tirta Kahuripan dapat menuju tingkat yang lebih tinggi dalam berbagai aspek,” ujar Dirut.

Hal itu ia buktikan dengan berbagai penghargaan yang mampu diraih oleh Tirta Kahuripan. Beberapa di antaranya yaitu penghargaan dari Kementerian PUPR sebagai BUMD Air Minum kategori Sehat dan kinerja terbaik nomor satu di Jawa Barat sekaligus menduduki peringkat keempat sebagai BUMD Air Minum dengan kinerja terbaik di Indonesia.

Adapun penghargaan dari BPKP Jawa Barat atas pencapaian terbaik kinerja keuangan, operasional dan tata kelola perusahaan, serta penghargaan Perpamsi Award 2021 dengan kategori BUMD Air Minum Sehat dengan cakupan pelayanan terbaik diwilayah kabupaten. Penghargaan tersebut patut diapresiasi sebagai kado di HUT Perumda Air Minum Tirta Kahuripan ke-41 sebagai landasan untuk meningkatkan pelayanan di Kabupaten Bogor.

Kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor mendapatkan nilai 71,55% yang berarti berkinerja “BAIK” pada tahun 2020 sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 47 Tahun 1999.

Kemudian, Anwar mengatakan saat ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 26 dari 40 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor dengan cakupan layanan wilayah administrasi sebesar 33,40% dan jumlah pelanggan sebanyak 198.590 sambungan. dengan adanya smart water meter dan ISO 17025 mengenai kualitas air bersih, Perumda Air Minum Tirta Kahuripan juga mengharapkan dukungan stake holders dalam hal regulasi mengenai perlindungan dan pemanfaatan sumber air baku terutama mata air baru, yang pada akhirnya dapat mendukung meningkatnya kinerja Perumda Air Minum Tirta Kahuripan khususnya dalam hal penambahan cakupan pelayanan di Kabupaten Bogor. Tutupnya.

Redaktur : Hasan