Banten-Lintasbogor.com-PENCINTA PORANG DILEBAK BERHARAP BANTUAN AGAR PETANI BISA SUKSES

by -112 views

Lebak-Banten-Lintasbogor.com-Jika dulu banyak diabaikan sebagai tanaman liar di pekarangan rumah, porang (tanaman porang) kini banyak dibudidayakan petani di sejumlah daerah. Di pasar ekspor, umbi porang yang diolah jadi tepung ini banyak dicari.

Umbi dari porang yang sering dianggap masyarakat sebagai makanan ular ini, memiliki pasar ekspor seperti Jepang, China, Taiwan, dan Korea.

Lalu apa itu porang … ?

Porang adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Di beberapa daerah di Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles.

Porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan.

Heru Purnomo “Ketua komunitas pencinta porang Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak Provinsi Banten mengatakan kepada lintas bogor.com” petani di lebak

Di lebak klo petani porang Alhamdulilah pada semangat dan antusias, kebetulan lahan untuk nanam porang masih banyak cuma para petani kesulitan dari keuangan untuk beli pupuk, harapannya sih semoga perintah turut membantu untuk petani porang yang ada dilebak terutama kecamatan cihara, karena petani ujung tombak perekonomian negara, jadi itu saja yang kita mau “ujarnya purnono kepada awak media.

Warta : Nursoleh