Pemerintah Desa Ciherang Realisasikan Program Samisade Untuk Betonisasi Jalan

by -182 views

-Lintasbogor.com- Kabupaten Bogor – Progam Satu Miliar Satu Desa atau yang sering disebut SAMISADE merupakan gagasan Program dari Bupati Bogor untuk percepatan pembangunan serta pemulihan ekonomi Desa di Kabupaten Bogor.

Pemerintah Desa Ciherang Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, adalah salah satu Desa yang menyerap anggaran dari Program Samisade, saat ini melaksanakan pengerjaan Program Samisade tahap satu.

Saat ditemui awak media Ketua TPK, Nanang menyatakan, untuk program Samisade ini sumber dana berasal dari APBD Kabupaten Bogor, Dengan anggaran tahun 2021 dan di luncurkan dana pertama berkisar 40%, Kemudian Termin ke.2 berkisar 60%, dengan total anggaran keseluruhan untuk Desa Ciherang sebesar Rp.911.000.000.

Kami realisasikan Pembangunan jalan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan akses warga setempat yang selama ini terkendala.

Adapun pembangunan betonisasi jalan Desa terbagi Titik Pertama untuk betonisasi jalan Desa wilayah RW 05 Kp Ciherang Peuntas seluas 1650, lebar 3 meter, tinggi 12cm dan untuk titik kedua di wilayah RW 08 Kp Ciherang rawa kalong, dengan luas 520 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 12cm, dengan Total keseluruhan di 2 titik ini seluas 2170 meter.

Awal utama dalam pengerjaan Tahap 1 40% ini, mulai pada tanggal 11 Desember 2021, Untuk pembersihan jalan dan pemadatan jalan di wilayah RW 05 Kp Ciherang Peuntas dan RW 08 Ciherang rawa kalong.

Kalau untuk pekerjaan Betonisasi jalan Desa mulai pada tanggal 12 Desember 2021 sepanjang 868 meter, lebar 3 meter, tinggi 12cm, Kemudian akses jalan tersebut menghubungkan jalan menuju Desa dan kecamatan lainnya.

Dalam pelaksanaan Pengerjaan 2 titik kegiatan ini, kita melibatkan tenaga ahli, supaya kualitas jalan lebih bagus dan kami juga melibatkan warga setempat, Untuk pengerjaan siang hari sekitar kurang lebih 15 orang, malam hari untuk pengerjaan sekitar 15 orang dan kita pun Rolling setiap harinya. Ujarnya.

Ditempat terpisah, Suherwin Kepala Desa Ciherang mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Bogor, Hj Ade Yasin, kami semua Desa yang ada di Kabupaten Bogor sudah diberikan kepercayaan untuk mengelola pembangunan Infrastruktur desa melalui program Samisade. Ucapnya.

Harapan kami semoga dengan adanya pembangunan infrastruktur ini, keadaan perekonomian masyarakat lebih membaik, kemudian juga membawa Kabupaten Bogor lebih maju, dan lebih terdepan dari kabupaten-kabupaten yang lain, sehingga kita akan mencapai Kabupaten Bogor yang mandiri. Tutupnya.

Redaktur : Hasan