Pemerintah Desa Bojong Jengkol Siap Mewujudkan Ketahanan Pangan Desa Mandiri

by -328 views

–LINTASBOGOR.COM– Kab Bogor || Pemerintah Desa Bojong Jengkol, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor siap mendukung upaya ketahanan pangan desa mandiri dan menghindari rawan pangan serta kesejahteraan warganya, dan berkolaborasi dengan Universitas Trilogi guna menginisiasi program pemberdayaan masyarakat petani melalui Ketahanan Pangan.

Awaludin Ma’rifatulah selaku Kepala desa Bojong Jengkol menuturkan, bahwa upaya mewujudkan ketahanan pangan ialah merupakan pemersatu semua bangsa, tanpa mengenal batasan, dan kegiatan tersebut merupakan wujud konkret keseriusan desa dalam meningkatkan produktivitas masyarakat di bidang pertanian, karena Pangan merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia untuk dapat mempertahankan hidup. Kecukupan pangan merupakan hak azasi yang layak dipenuhi. Ujar Pak Kades.

Adapun bantuan Universitas Trilogi memberikan cara pemanfaatan lahan, edukasi, penyuluhan, dan pelatihan di bidang pertanian serta management agar petani tidak rugi saat panen.

Kolaborasi dan sinergi semua pihak yang terlibat baik dari regulator daerah, Universitas Trilogi, maupun masyarakat diharapkan dapat mewujudkan tercapainya tujuan program untuk kesejahteraan para petani.

Desa Bojong Jengkol memiliki 40 hektar lahan sawah yang akan siap ditanam padi guna menciptakan lumbung padi di desa maupun di kecamatan Ciampea yang di bantu oleh Citra sebagai alumnus Institut Teknik Bandung (ITB).

Karang Taruna di Pemdes kami pun saat ini masih menjalankan program menanam jeruk limau dan kami sudah siapkan 700 jenis pohon jeruk limau untuk dibagikan 20 pohon per RT, bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Bojong Jengkol dan dari hasil penjualan jeruk limau tersebut dapat di gunakan untuk sosial seperti membantu warga apabila ada yang jatuh sakit, ataupun meninggal. Tegasnya.

Harapannya semoga program pemberdayaan masyarakat ini dapat turut memajukan pertanian serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat, pungkas awaludin.

Redaktur : Hasan