Pembinaan dan Pelatihan Anggota Linmas Se-kecamatan Ciomas Berjalan Lancar

by -146 views

–LINTASBOGOR.COM– CIOMAS || Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor melaksanakan giat Pembinaan dan Pelatihan Anggota Linmas Se-kecamatan Ciomas yang di gelar di aula kecamatan ciomas. Senin 06 Desember 2022.

Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat. Dalam Pelatihan dan Pembinaan Linmas dimaksud untuk memberikan pemahaman dibidang pengamanan, pertahanan dan kesiapsiagaan guna menghadapi Pemilihan Umum dan apabila terjadi suatu bencana.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Hadir dalam Kegiatan Pelatihan tersebut Camat Ciomas, Danramil 0621/13 Ciomas, Kanit Reskrim Polsek Ciomas, Kasie Trantib kecamatan Ciomas, Kasie Pemberdayaan Linmas, dan narasumber dari Koramil 0621/13 Ciomas serta Polsek Ciomas dan Anggota Linmas Desa Se-kecamatan Ciomas Sebanyak 110 orang dari 10 Desa dan 1 Kelurahan, se-kecamatan Ciomas.

Gultom selaku Kasie Trantib Kecamatan Ciomas, mengatakan “Tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah untuk memberikan ilmu tentang pengamanan, pertahahanan, dan edukasi mitigasi bencana di wilayah, seperti dalam proses pemilu menciptakan kondisi yang aman dan nyaman serta dalam kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Guna mengantisipasi kedepannya maka perlunya diadakan pelatihan dan pembinaan Linmas agar sigap dalam masalah, misalnya jika diwilayah ada tindakan kriminal atau bencana dapat di tanggulangi secepatnya”. Pungkasnya.

Redaktur : Hasan