Pemerintah Desa Sukajadi Laksanakan Musdesus Guna Penetapan KPM BLT DD Tahun Anggaran 2022

by -148 views

-LINTASBOGOR.com- Kabupaten Bogor – Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Anggaran Tahun 2022 dan PMK Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Berdasarkan hal tersebut, Pemerintahan Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar giat Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dengan agenda Validasi, Finalisasi, dan Penetapan Data Rumah Tangga Calon Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2022. Senin 14 Februari 2022.

Musdesus yang diselenggarakan di Balai Desa Sukajadi ini dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, Ketua PKK, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Lokal Desa, serta unsur lain yang terkait di desa.

Dalam sambutannya Kepala Desa Sukajadi, Ade Gunawan, menyampaikan beberapa pernyataan diantaranya memaparkan secara rinci kriteria penerima BLT DD Tahun 2022 ini telah di atur dalam PMK Nomor 190/PMK.07/2021 pada pasal 33 ayat 1.

Bahwa pengaruh Covid-19 yang berdampak pada semua aspek kehidupan, perlu langkah yang cepat dan tepat untuk mengatasinya salah satunya dengan BLT- DD di tahun 2022 ini. Paparnya.

Maka dari itu perlu ada data yang tepat bagi warga terdampak guna menghindari salah sasaran dalam penyaluran bantuan tersebut, saya pun menghimbau kepada para Kepala Dusun berkaitan dengan data warga terdampak agar pencermatannya untuk dilakukan validasi dan finalisasi yang diharapkan agar memberikan pengertian kepada warganya. Tegas Ade.

Setelah dilakukan pembahasan, diskusi dan memverifikasi terhadap agenda di atas, seluruh peserta musdesus menyetujui serta memutuskan data rumah tangga penerima BLT-DD tahun 2022 sebanyak 161 KPM, adapun besaran BLT-DD perbulannya yaitu Rp. 300.000,- per KPM. Paparnya.

Kami menghimbau kepada masyarakat Desa Sukajadi bersama-sama agar konsisten menjaga kesehatan imun dan iman serta mematuhi himbauan pemerintah terkait situasi Covid-19 agar selalu menjalani protokol kesehatan 5M. Tutupnya.

Redaktur : Hasan