Menyingkap Potensi Wisata Religi Di Desa Cidokom

by -169 views

KABUPATEN BOGOR,Lintas Bogor.com-Desa Cidokom adalah salah satu Desa di Kabupaten Bogor yang berlokasi di Kecamatan Rumpin.
Selain menawarkan berbagai potensi wisata alam karena berada diarea perbukitan kapur yang asri,wilayah paling utara di Bumi Tegar Beriman ini juga, terpendam situs cagar budaya yang bisa menjadi pilihan dalam wisata religi. Karena itu, Desa Cikodom ramai didatangi para peziarah lokal maupun dari luar daerah.

Salah satu potensi wisata alam di Desa Cidokom yang harus diberikan perhatian oleh Pemerintah Kabupaten Bogor

Kurangnya perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, sangat disayangkan masyarakat Desa Cikodom karena potensi wisata alam maupun wisata religi yang tersimpan diyakini mampu mendongkrak perekonomian warga.

” Disini banyak potensi alam yang seharusnya mendapat perhatian Pemkab Bogor. Misalnya, Destinasi wisata alam dan situs cagar budaya,” ungkap Yanto,Ketua RW 04, Kampung Syiang saat ditemui dilokasi (26/12/2020)

Hal senada dikatakan Ade Nasim, juru kunci situs cagar budaya makom keramat Syiang. Ia menuturkan, para peziarah yang datang selain berasal dari wilayah Bogor juga berasal dari Jabodetabek bahkan ada pula peziarah dari luar pulau jawa.

” Peziarah mayoritas berasal dari beberapa kota diluar Bogor, bahkan ada juga yang sengaja berziarah berasal dari luar jawa. Saya berharap, Pemkab Bogor bisa memberikan perhatian serius terhadap situs budaya disini karena merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan,” tuturnya. (Iwn/Han)