MENDAGRI Tito Karnavian Hadir Dalam Pelantikan Pengurus DPP APDESI Periode 2021-2026, Begini Sambutannya

by -341 views

Lintasbogor.com, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Periode 2021-2026 menggelar pelantikan pengurus sekaligus Rapat Kerja Nasional (Rakernas), di Gedung Nusantara IV MPR RI/DPR RI, Jakarta Pusat, pada Sabtu-Minggu, 27-28 November 2021.

APDESI yang memiliki arti dan kepanjangan dari organisasi profesi dengan ruang lingkup nasional, berdaulat dan mandiri, atas dasar kesamaan kegiatan, profesi di bidang pemerintah desa, serta pembangunan pedesaan, yang didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Mei 2005.

APDESI yang beranggotakan Kepala Desa dan Perangkat Desa baik yang Aktif maupun yang Purna Bakti dan ingin memperjuangkan kemakmuran dan kesejahteraan pemerintah dan masyarakat Desa.

APDESI dibentuk untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan umum secara bertahap, khususnya dalam bidang tata kelola Pemerintah Desa, pemberdayaan masyarakat Desa dan pelaksanaan pelayanan publik bagi warga Desa.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus DPP APDESI Periode 2021-2026 ini merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Nasional (Munas) IV yang berlangsung di Jakarta pada 17-18 September 2021 yang lalu.

“Sekaligus untuk mengkonsolidasikan dan membangun soliditas diantara semua anggota APDESI yang berasal dari 33 provinsi Indonesia,” kata Sekretaris Jenderal DPP APDESI, Asep Anwar Sadat dalam keterangan pers, pada Jumat (26/11/2021).

Menurut Asep, pelantikan dan pengukuhan pengurus DPP APDESI Periode 2021-2026 tersebut akan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian. 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam sambutannya meminta Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) tidak tergoda pada politik praktis.

Mendagri Tito Karnavian juga mengatakan APDESI jangan sampai dijadikan sebagai kendaraan politik, baik bagi pengurus maupun pihak lainnya.

Sedangkan Rakernas DPP APDESI dilaksanakan usai pelantikan, untuk membuat program-program dalam membangun Pemerintahan Desa di era kenormalan baru pasca-pandemi Covid-19.

“Termasuk juga sebagai wahana rekonsiliasi dan konsolidasi anggota untuk kemajuan organisasi dan pengembangan desa yang semakin mandiri,” kata Asep.

Rakernas juga untuk membahas persoalan-persoalan pokok yang terjadi di desa, baik dari aspek pemerintahan desa maupun warga desanya.

“Disesuaikan dengan regulasi yang terdapat di dua kementerian yaitu Kemdagri dan Kementerian Desa, Kemedes PDTT,” katanya.

Melalui Rakernas, APDESI ingin memberikan warna baru agar pemerintahan desa mampu merepresentasikan diri atas kemajuan bangsa dan negara untuk menuju Indonesia Emas 2045 mendatang.

Peserta Rakernas terdiri dari 600 pemerintahan desa dari 33 provinsi di seluruh Indonesia. Kegiatan ini akan diselenggarakan secara hybrid, yakni secara daring dan luring.

“Kami harus menyesuaikan dengan ketentuan pemerintah terkait penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Asep.

Dalam Munas IV APDESI di Jakarta pada 17-18 September 2021 yang lalu, telah terpilih H. Surta Wijaya M sebagai Ketua Umum, dan Asep Anwar Sadat sebagai Sekretaris Jenderal DPP APDESI Periode 2021-2026.

Pada kegiatan tersebut hadir dan memberi sambutan, Ketua MPR RI H Bambang Soesatyo, Keynote Speaker Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, sambutan Selamat Datang dari Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan.

Kegiatan juga sekaligus dilaksanakan penandatanganan Penandatangan Kerjasama MoU antara DPP APDESI dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terkait Pelaksanaan Diklat Ideologi Pancasila bagi kepala desa dan Perangkat Desa.

Red