Khawatir Sumber Mata Air Tercemar, Warga Tolak Adanya Tong Pengolahan Emas Di Kecamatan Sukajaya Bogor

by -148 views

Lintasbogor.com, Adanya Bangunan pengolahan emas (Tong) di wilayah RT.02/RW.02 Kp. Kompa Desa Sipayung Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Menjadi sorotan warga setempat.
Senin, 4/7/2022.

Pasalnya adanya Tong tersebut diduga sangat meresahkan warga setempat karena berdampak negatif di lingkungan.

Warga beralasana keberadaan Tong yang sangat dekat dengan serapan air yang mengalir ke rumah-rumah warga di Kp.Calingcing.

Warga bersikeras menolak adanya Tong pengolahan emas atau yang biasa disebut Gentong yang berguna ssebaga tempat pengolahan Emas.

Diantara alasan kuat yang disampaikan oleh warga sekitar bahwa Volume Tong tersebut sangat besar karena sistem Pengolahan nya memakai berbagi macam bahan kimia.

Selain itu warga khawatir terkena dampak ke lingkungan serapan-serapan bahan Kimia dapat mencemari aliran air ke arah sumber mata air sehari – hari yang menjdi konsumsi utama masyarakat yang Ada di wilayah kp.calingcing Desa Sipayung Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor.

Pemilik Tong tersebut mengatakan kepada Awak media, “saat ini sudah ada penolakan dari Warga adanya pembangunan Tong yang berada di Kp. Kompa Desa Sipayung, ” Tutur yang punya tong tersebut atau bisa di Sebut pengusaha emas ilegal kepada awak media Di temui di lokasi pembangunan Tersebut.

Setiap orang yang melakukan perbuatan Melawan hukum dengan cara memasukan Mercuri tersebut ke alam antara lain ke Dalam air, tanah maupun udara dapat Dikenakan sanksi pidana penjara paling Lama 3 (tiga) tahun dan denda paling Banyak Rp.3 miliar sesuai dengan ketentuan Pasal 104 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Sedangkan setiap orang Atau badan yang melakukan usaha Pertambangan umum tanpa memiliki izin Usaha pertambangan umum, seperti Tambang emas ilegal diancam pidana Kurungan paling lama 6 (enam) bulan dan/Atau denda paling banyak Rp.50 juta.

Reporter : Sule