Kasus Penembakan Pengawal Habib Rizieq Shihab Komnas HAM Temui Titik Terang

by -180 views

JAKARTA. Lintasbogor.Com – Sebanyak 6 (enam) orang anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) yang melakukan pengawalan atas Imam Besar Besar Front Pembela Islam, ditembak mati di Tol Karawang Timur.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tengah melakukan observasi di tempat kejadian perkara (TKP) terkait kasus penembakan enam anggota Front Pembela Islam (FPI) atau pengawal Rizieq Shihab.

“Saat ini tim Komnasham sedang melakukan pendalaman hasil dari olah TKP kemarin, setelah sebelumnya mendengarkan kesaksian dan mendalami beberapa keterangan saksi dan barang bukti,” ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam saat dihubungi pada Ahad, 13 Desember 2020.

Menurut beliau Komnas HAM sudah semakin mendapat titik terang dari hasil penelusuran di lokasi penembakan 6 anggota Laskar FPI. Anam pun berharap Komnas HAM bisa segera mengungkap insiden penembakan yang terjadi pada Senin 7 Desember 2020 dinihari itu.

“Saat ini peristiwa tersebut, semakin detail dan secara bertahap semakin terang. Semoga semakin banyak puzzle terungkap,” ucap Anam. Hanya saja ia belum mau membeberkan hasil temuannya.

Di tempat terpisah, Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat FPI, Munarman, menyebutkan bahwa kejadian itu merupakan aksi brutal yang dilakukan oleh aparat penegak hukum. “Itu adalah pembantaian, dalam bahasa Hak Asasi Manusia itu disebut extra judicial killing,” kata Munarman beberapa waktu lalu di Jakarta, Senin 7 Desember 2020.

Atas peristiwa tersebut, munarman meminta harus ada pertanggung jawaban secara hukum dari pihak yang melakukan pembunuhan terhadap para anggota FPI yang mengawal Habib Rizieq Shihab beserta keluarganya,”tandas nya.// (hrt- GI)