KABID UMKM Bogor Berharap Katalog Digital Sebagai Sarana Promosi Produk UMKM Lebih Maksimal

by -235 views

Lintasbogor.com, – Dalam Rangka HUT Korpri ke-50, Pegawai Negeri Sipil (PNS), para awak media menyambangi kantor Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Bogor. 29/11/2021.

Ketika ditemui awak media diruang kerjanya Yudi Taufiq selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro mengatakan, Disektor UMKM wilayah kabupaten Bogor ini, kita terkendala dibidang pemasaran nya. Insya Allah di tahun depan upaya kami melakukan perbaikan adalah dengan mengoptimalkan digitalisasi marketing nya (Katalog Digital), lalu ditahun depan juga kami mencoba Fasilitasi legalitas UKM yang selama ini kami berperan memfasisilitasi pelatihan saja, ujarnya.

Lebih lanjut Yudi Taufiq menjelaskan, Dampak Covid19 Di kabupaten Bogor khusus nya di Dinas koperasi dan UKM ini, bagaimana kita bisa membangkitkan teman-teman UKM yang mungkin karena pandemi terpuruk, tentunya melalui permodalan, dalam ikhtiar kami tidak hanya mengandalkan dari pemerintah “fokus utama perhatian dari pemerintah daerah” tapi tidak menutup mata mencari kemitraan dengan lembaga-lembaga lain yang memfasilitasi terkait permodalan bagi UKM hanya diwaktu bersamaan kami juga membangun kemitraan terkait dengan promosi dan penjualan produk UKM secara digital, ungkapnya.

Masih menurut Yudi Taufiq, target kami kalo bicara aturan mungkin kami agak berat kalo berhitung UMKM naik kelas, karena UMKM dengan PP.7 ini akan menjadi berat, karena harus “1.M modalnya dan omsetnya harus 2,5.M” buat kami yang paling pokok adalah bagaimana sektor UMKM bisa survive dan kemudian kita naikan omsetnya, berapapun nilai omset penjualan nya yang penting dia naik dulu walaupun mungkin skala nya masih mikro tidak apa-apa dari pada sama sekali tidak ada peran serta kaminya disitu, imbuh kepala bidang pemberdayaan usaha mikro.

“Harapan kami yang pertama kami mengajak rekan-rekan UMKM selalu merasa bisa, pengertian bisa adalah karena selama 2 tahun saya disini yang saya baca itu, UMKM itu terkendala penjualan ketika dia berbicara pada dirinya sendiri itu yang terjadi” Ujar Yudi.

Yudi menambahkan, “Ketika dia (pelaku UMKM) bermitra dengan kawannya yang lain maka dia bisa sebetulnya harapan kami yang paling pokok bagaimana membangun kemitraan antara kami (Dinas koperasi dan UKM) dengan teman UMKM dan teman UMKM dengan temannya sendiri, pesan saya bagi pelaku UKM adalah “jangan merasa sendiri, ada banyak teman, ada banyak mitra kerja yang kita bisa bekerja bersama untuk memberdayakan dan mengembangkan para pelaku UKM,” pungkas Yudi Taufiq kepala bidang pemberdayaan usaha mikro Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Bogor.

Red