Jodhie Gustiawan Mendapat Tugas Baru Sebagai Ketua DPD GEMA AIRLANGGA KOTA BOGOR

by -25 views

Bogor Lintasbogor.com Jodhie Gustiawan telah menerima Surat Mandat sebagai Ketua DPD GEMA AIRLANGGA Kota Bogor, amanah yang sangat berat yang harus saya jalani.

Namun akan tetap saya emban tugas yang dipercayakan kepada saya, ucap Jodhie pada penulis.

Pada tanggal 17 Agustus 2021didirikanlah GEMA AIRLANGGA sebagai salah satu komunitas sosial, yang merupakan wadah perjuangan untuk membantu masyarakat serta membantu dan bersinergi dengan pemerintah, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang lebih baik.

GEMA AIRLANGGA adalah sebuah wadah atau lembaga yang mampu memfollow up usaha yang dijalankannya agar menjadi berkembang dan mandiri.

Sistem ekonomi kerakyatan diterapkan dengan tujuan utama yaitu terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat.

Hal tersebut dicapai dengan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonominya. Ekonomi kerakyatan juga memiliki lima sasaran pokok yang ingin diraih yaitu, Tersedianya kesempatan kerja dan penghidupan yang layak bagi seluruh rakyat. Jaminan sosial terselenggara bagi anggota masyarakat yang memerlukan, utamanya bagi anak anak terlantar dan fakir miskin.kepemilikan modal secara material terdistribusikan merata di seluruh anggota masyarakat. Pendidikan nasional dapat terselenggara dengan cuma cuma bagi semua anak tanpa terkecuali. Setiap warga dijamin kebebasannya untuk membuat berbagai serikat ekonomi dan atau menjadi anggotanya.

UUD 1945 selain menggariskan tentang prinsip Ekonomi Kerakyatan pada pasal 33, juga menegaskan peran negara dalam sistem ekonomi tersebut. Pasal 27 Ayat 2, Pasal 33 dan Pasal 34 Undang Undang Dasar 1945 menjabarkan ada lima peran yang harus dilakukan negara dalam menjalankan Sistem Ekonomi Kerakyatan yaitu:
Menumbuhkan dan mengembangkan koperasi
Mengembangkan dan memelihara BUMN
Memastikan bahwa pemanfaatan terhadap bumi, air, dan semua kekayaan alam yang terkandung di bumi Indonesia akan dipergunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat.
Memberikan hak bagi setiap warga negara Indonesia untuk mendapat penghidupan dan pekerjaan yang layak. Memelihara para fakir miskin dan anak anak terlantar.

Ditengah kesibukannya Jodhie masih mau menjawab pertanyaan penulis, program ekonomi kerakyatan ini sangat mengapresiasi saya, ujarnya. “In syaa Allah saya akan amanah mengemban tugas ini” , pungkasnya Liana Ratna Herdianti.

Redaktur : Adi