Hari ini Alun-alun Kota Bogor Diresmikan Menjadi Ikon Baru Jabar, Anggaran Biayanya Bikin Melotot

by -142 views

Lintasbogor.com, – Kota Bogor, Jawa Barat, kini memiliki ikon baru yakni Alun-alun Kota Bogor yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (17/12/2021).

Alun-alun Kota Bogor dibangun di atas lahan seluas 1,7 hektare yang berlokasi di Jalan Kapten Muslihat, bersebelahan dengan Stasiun Bogor.

Dibangun dengan anggaran mencapai Rp 15 miliar dari dana bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, alun-alun Kota Bogor memiliki desain yang modern mirip konsep ruang terbuka di negara Eropa serta dilengkapi sederet fasilitas seperti area olahraga dan tempat bermain.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menganggap, keberadaan Alun-alun Kota Bogor sangat spesial dan berbeda dengan alun-alun lainnya yang ada di Jawa Barat.

Salah satu yang membedakan, kata Emil, yaitu adanya perpaduan unsur sejarah dan religi yang kuat.

Hal itu terlihat dari letak Alun-alun Kota Bogor yang berdampingan dengan bangunan bersejarah Stasiun Bogor serta Masjid Agung yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Sehingga, Alun-alun Kota Bogor terintegrasi langsung dengan kedua bangunan tersebut.

“Dengan dukungan anggaran Pemprov Jabar, Rp 15 miliar kita siapkan. Alhamdulillah, hasilnya baik. Saya kasih nilai 9 untuk desain dan konsep pengerjaannya. Tinggal dalam prosesnya tolong dijaga. Titip setelah ini, biasanya ada euforia dari warga, tolong diatur,” kata Emil, sapaan akrabnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, yang ikut mendampingi Riswan Kamil mengatakan, pembangunan Alun-alun Kota Bogor menelan biaya Rp15 miliar, yang berasal dari dana Pemprov Jabar.

“Ini adalah bantuan dari provinsi senilai Rp 15 miliar yang akan kita sinergikan dengan Pemkot Bogor programnya. Tahun depan akan kita bangun jalur pedestrian mengelilingi alun-alun ini,” ujar Bima

Alun-alun Kota Bogor yang sebelumnya dikenal dengan nama Taman Topi itu nantinya akan terintegrasi dengan pintu timur Stasiun Bogor, serta Masjid Agung Kota Bogor yang masih dalam pembangunan. Pemkot nantinya juga akan membangun jembatan layang di lokasi tersebut sebagai mobilitas pengunjung.

Bima memastikan, pihaknya akan menjaga agar Alun-alun Kota Bogor tetap terawat. Ia akan menurunkan petugas di lokasi sehingga taman bisa dijaga selama 24 jam.

“Kita pastikan agar alun-alun dijaga dan dirawat. “Ada park rangers yang jumlahnya cukup banyak yang kita tugaskan menjaga di sini 24 jam,” tuturnya.

Red/ADw/LB