Ekspor Indonesia Meroket, BPS Mencatat Neraca Dagang RI Bakal Cetak Rekor Baru

by -330 views

Lintasbogor.com, Jumlah ekspor Indonesia hingga saat ini sudah mencapai US$ 209 miliar atau setara Rp 2.967,8 triliun. Angka ini sekaligus menjadi rekor baru dibandingkan nilai rekor pada tahun 2011.

Ditargetkan ekspor Indonesia bisa menembus US$ 230 miliar hingga Desember ini.

Ada satu lagi fakta menarik.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan RI pada periode November 2021 mengalami surplus, tercatat sebesar US$ 3,51 miliar. Kepala BPS Margo Yuwono menjelaskan surplus ini terjadi karena nilai ekspor pada November tercatat US$ 22,84 miliar dan impor US$ 19,33 miliar.

Jadi sepanjang tahun 2021 dari Januari hingga November, neraca dagang RI tidak pernah mengalami defisit.

Sebenarnya ini baru pemanasan saja karena saat ini Jokowi sedang fokus membangun industri manufaktur besar-besaran. Orientasinya adalah ekspor. Jika tercapai, maka surplus neraca dagang akan semakin besar. Dalam 5-10 tahun mendatang, hasil signifikan akan sangat terasa.

Makanya para member klub sakit hati nasional dan juga kadrun bakal tidak senang dengan kabar ini. Di otak mereka hanya ada isu utang, antek asing dan Cina, PKI dan komunis bangkit. Isu lama yang dikemas berulang-ulang dengan berbagai bungkusan baru.

Sumber : Seword
Editor : Adi