Dinas PUPR Kota Depok Adakan Pelatihan Jasa Kontruksi Demi Pengendalian Dan Keselamatan Para Kontraktor

by -13 views

DEPOK, Lintasbogor.com– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Depok melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk warga masyarakat jasa kontruksi (kontraktor).

Sebanyak 60 warga masyarakat jasa kontruksi ikuti bimbingan teknis (Bimtek) tentang keselamatan kerja kontruksi (K3) berlangsung selama 2 hari, Selasa dan Rabu 12 – 13 Oktober 2022 bertempat di Wisma Hijau, Mekarsari Kecamatan Cimanggis, kota Depok.

Acara pelatihan K3 dibuka oleh Kabid Tata Ruang, Putri Nirmalasari Sari ST mewakili Citra Indah Yulianti, ST.MH Kepala Dinas PUPR kota Depok Nanang Mulyana narasumber, Wahyudin kasie Jasa Kontruksi Dinas di PUPR serta Narasumber lainnya

Dalam sambutan Putri Nirmala, ST menyampaikan, kegiatan bimbingan teknis atas dasar amanat Undang – undang Nomor 11 tahun 2020 serta Perpres dan Permen yang menyatakan Pemerintah Daerah kab/kota untuk dapat melaksanakan pelatihan tenaga terampil upaya peningkatan kinerja masyarakat jasa kontruksi katanya saat diremu wartawan usai membuka acara, Selasa (12/10/2021)

Putri Nirmalasari, ST Kabid Tata Ruang, Dinas PUPR kota Depok mengatakan, pekerjaan kontruksi sangat rentan dengan pemanfaatan teknologi, dimana unsur bahaya kecelakaan kerja pada saat di lapangan dan kerusakan pada aset atau properti himpunan gangguan pada keamanan lingkungan sangatlah tinggi, sebutnya.

Untuk itu kata Putri, diperlukan peningkatan ilmu pengetahuan tentang potensi kerja sebagai perencana sekaligus pelaksana penyelamat jasa konstruksi dalam pengendalian jasa kontruksi.

Dia juga menerangkan, setiap pekerjaan konstruksi di bidang pekerjaan umum, diperlukan sistem manajemen keselamatan kontruksi (SMKK) juga pekerjaan di bidang umum.

” Ini adalah bagian sistem manajemen organisasi pelaksanaan keselamatan kontruksi sebagaimana telah ditetapkan peraturan menteri PUPR No 10 tahun 2021 tentang pedoman SMKK yang di keluarkan pepres No 10 Tahun 2021 sebagai standar pedoman pengadaan jasa konstruksi atau jasa penyedia”, ungkapnya.

Masih kata Putri, ada lima dasar elemen SMKK yang Sesuai dengan PP No 14 tahun 2021 tentang standar dan perubahan PP No 22 tahun 2020 yang di perkuat oleh masyarakat dan jasa konstruksi yaitu,

Soal kepimpinan dan partisipasi tenaga kerja
Perencanaan jasa konstruksi (Planing)
3.Dukungan jasa kontruksi
4.Operasi keselamatan jasa konstruksi
5.Evaluasi kinerja dan keselamatan jasa konstruksi.
Dari ke 5 elemen ini tentu di mulai dari kepimpinan dan sampai aspek evaluasi kinerja yang perlu diketahui dan di terapkan penyedia jasa konstruksi di kota Depok.

Dari 5 elemen ini bisa diterapkan oleh masyarakat jasa kontruksi supaya dapat berkesinambungan, karena kita ini adalah sebagai penyedia jasa Kontruksi Kota Depok, maka pedoman keselamatan kontruksi tersebut dinilai perlu di ketahui oleh pelaku penyedia jasa Kontruksi

Sementara itu, Wahyudin kasie bidang Jasa Kontruksi PUPR Depok juga menyampaikan soal pelaksanaan pelatihan binaan teknis terhadap warga masyarakat jasa kontruksi kota Depok.

Diterangkan Wahyudin bahwa kegiatan ini di laksanakan selama 2 hari 12- 13 Oktober 2021,Peserta bintek ini adalah badan jasa konstruksi yang ada di asosiasi.

Program Dinas PUPRP kota Depok di ikuti 60 peserta ini juga peranan serta partisipasi masyarakat jasa konstruksi dari asosiasi yang terakreditasi di PUPR yaitu Aspindo Jawa Barat serta ahli ahli jasa Kontruksi Indonesia.

Pelatihan K3 output dari kegiatan ini tentunya harus lebih profesional, karena di tahun depan jasa konstruksi harus mempunyai sertifikat jasa konstruksi, harapnya.

Ditempat terpisah, Indra JP Napitupul ketua DPC Gapeksindo kota Depok menjelaskan, pengajuan peserta sesuai persyaratan mengikuti pelatihan K3, harus melalui asosiasi jasa kontruksi, yaitu pakai surat pengantar, ujarnya

Untuk memenuhi kuota peserta, kami dari Gapeksindo mengirimkan 21 orang untuk mengikuti Bimtek K3, namun satu orang tidak bisa ikut, karena ada acara diwaktu yang sama, sehingga Gapeksindo hanya 20 orang saja yang bisa mengikuti pelatihan K3.

Indra juga ucapkan terima kasih kepada Dinas PUPR kota Depok yang di pimpin oleh indah Citra Yulianti, yang telah melaksanakan kegiatan bimbingan teknis untuk meningkatkan sumber daya manusia, khusus di bidang kontruksi.

Semoga apa yang di laksanakan dinas PUPR kota Depok bermanfaat untuk warga masyarakat jasa kontruksi kota Depok tutupnya (Red/Lb)