Diduga Telah Melanggar UU KIP, Awak Media Kembali Datangi Dinas Pendidikan Tanggamus

by -418 views

Tanggamus, Lintasbogor.com – Sebagaimana telah santer diberitakan bahwa ada salahsatu kegiatan proyek rehabilitasi Sekolah Dasar Di kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, telah melanggar UU. Keterbukaan informasi publik karena di lokasi proyek tidak ada papan informasi (plang).

Selasa (28/9) Demi untuk mendapatkan Informasi dan klarifikasi terkait adanya dugaan pelanggaran tersebut, Awak Media Kembali Datangi Kantor Dinas Pendidikan

Info terkini (28/9) bahwa papan proyek sudah terpasang. Kami menduga Keterlambatan pemasangan papan kegiatan proyek rehabilitasi merupakan unsur kesengajaan.

Kami selaku awak media beberapa kali mendatangi Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus untuk mendapatkan keterangan langsung dari Bapak (Mulyadi) selaku Kabid Sarpras. Namun Muliadi sedang di tempat dengan berbagai alasan. Saat dikonfirmasi via telepon seluler (Mulyadi) tidak merespon. Ada apa?

Ruang staff Dinas pendidikan Tanggamus

Selasa, 28 /09/2021 awak media mempertanyakan keberadaan Mulyadi kepada Anisa selaku salahsatu staff di kantor Dinas pendidikan Kabupaten Tanggamus mengatakan,
“Kalau hari ini dia (Mulyadi) sedang tidak ada di kantor, karena hari bukan Jadwal Muliadi. Kemaren sih ada tapi sebentar langsung pergi” Tutur Anisa.

Inilah realita di lapangan bahwa para pejabat publik kurang merespon dan terkesan cuek terhadap keterbukaan informasi publik. Karena sudah bukan lagi rahasia adanya isu sulitnya berkomunikasi dengan Pejabat Daerah terutama du Kabupaten Tanggamus.

Kali ini kami selaku awak media dari Lintas Bogor benar-benar menyaksikan fakta bahwa yang seharusnya pejabat daerah paham dengan UU No14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), bahwa para awak media berhak untuk mendapatkan informasi dan penjelasan kepada Sekda, agar memanggil setiap Kepala Dinas yang tidak paham SOP, sehingga para pejabat Pemerintah dapat berjalan semestinya sesuai amanat Undang- Undang.

Reporter : Maulani/Iriadi
Editor : Adi Wijaya