Danrem 061/Sk Hadiri Upacara Pembukaan TMMD ke-113 TA 2022

by -146 views

–LINTASBOGOR.COM– SUKABUMI || Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin MA menghadiri upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 TA.2022 kodim 0622/Kab.Sukabumi dengan mengusung tema” TMMD dedikasi terbaik membangun NKRI’, kegiatan tersebut diselenggarakan di setda kabupaten Sukabumi jl Siliwangi pelabuhan ratu. Rabu (11/5).

Komandan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi Letkol lnf Anjar Ari Wibowo, S.Sos .M.Si mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat datang atas kehadiran Komandan Korem 061/Sk ke wilayah binaannya, semoga dengan kunjungan kerja tersebut akan dapat mempererat tali silaturahmi serta meningkatkan sinergi antara Pemda Kabupaten Sukabumi dengan jajaran TNI dan seluruh aspek pembangunan di kabupaten Sukabumi, salah satunya adalah program TNI Manunggal Membangun Desa. Dengan adanya program ini Pemkab Sukabumi menyambut baik dikarenakan sistem perencanaan TMMD ini bersifat bottom up planning atau perencanaan dari bawah ke atas dan ditujukan untuk menjawab Aspirasi dan tuntutan kebutuhan masyarakat setempat yang bersifat dinamis sehingga hasilnya sesuai harapan dan langsung dirasakan oleh masyarakat. Oleh karenanya Dandim mewakili pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten Sukabumi menyampaikan ucapan terima kasih dan Apresiasi kepada segenap jajaran TNI terutama jajaran Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi. Dimana dalam pelaksanaannya Bhakti TMMD semakin selaras dengan pembangunan di daerah dan pengabdiannya pun semakin dirasakan oleh masyarakat desa. Terlebih program TMMD selalu dilakukan secara gotong royong dan bahu membahu antara TNI, Polri , Pemerintah Daerah Pemerintah Desa dan Masyarakat dengan mendayagunakan Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Ikhtiar TMMD tentunya telah sesuai dengan thema yang diangkat pada tahun 2022 ini yakni Dedikasi terbaik membangun NKRI substansi yang terkandung di dalamnya bermakna bahwa pengabdian TNI dilakukan secara terintegrasi dalam mewujudkan pembangunan di wilayah demi kesejahteraan masyarakat.

Program TMMD merupakan salah satu program Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan yang disinergikan dan diintegrasikan untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Kegiatan program TMMD ke-113 ini rencana pelaksanaannya akan dimulai pada tanggal 11 Mei sampai dengan 9 Juni 2022 yang akan dilanjutkan secara serentak di 50 kabupaten Kota 55 Kecamatan dan 73 Desa termasuk salah satunya di desa Cikangkung Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi dengan sasaran fisik dan non fisik, namun untuk sumber anggaran detailnya dan penjelasan alokasi besaran serta peruntukannya sebagaimana disampaikan oleh panitia.

TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga yakni betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun Bangsa dan Negara dari Desa atau Daerah pinggiran sehingga sangat membantu aksesibilitas masyarakat yang akan bekerja bersekolah beribadah berkegiatan sosial dan aktivitas lainnya bentuk fisik lainnya adalah memugar Rutilahu, Jambanisasi dan Sanitasi.

Dimana semua kegiatan tersebut sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat.

Selain itu itu ada juga upaya-upaya non fisik yang sifatnya memberdayakan masyarakat desa terutama dalam bentuk penyuluhan yang menguatkan sektor-sektor pembangunan di desa. Program TMMD ini bukan hanya bisa meminimalisir persoalan kemiskinan melalui Ikhtiar membangunkan sarana fisik bagi masyarakat desa saja namun juga Eksis membangunkan semangat menjaga kekompakan dan rasa percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki dan memiliki kesiapsiagaan serta kemampuan menangani setiap bentuk ancaman dan tantangan yang dihadapi seperti munculnya permasalahan Terorisme, Radikalisme dan bahaya Narkoba yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Selain menyampaikan sambutannya Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi juga menyampaikan paparan terkait rencana pelaksanaan praktek TMMD yang sudah dimulai pada Tanggal 16 sampai dengan 29 April 2022 . dimana menurut paparannya subjek yang terlibat adalah dari unsur TNI, Polri unsur Pemerintah Daerah dan Media Massa. Pelaksanaan TMMD pada objek fisik yaitu berupa pengaspalan jalan dan plat beton, serta sasaran tambahannya yaitu Rehab Posyandu kemudian Rehab MCK, Rehab Mushola, Rehab Masjid, pembangunan MCK sementara Untuk anggaran program TMMD ini dialokasikan dari dana APBD Kabupaten Sukabumi dan APBD Provinsi Jawa Barat serta bantuan dari Dinas Perindustrian PT Indocement Bogor.

Menanggapi hal ini Brigjen TNI Rudy Saladin MA menjelaskan bahwa Ia selaku Komandan Korem 061 suryakancana tentunya sangat mendukung segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh TNI dan Pemkab, terlebih kegiatan tersebut yang menyangkut kepentingan masyarakat.
” Program TMMD adalah salah satu tugas pokok TNI dalam OMSP, selain untuk lebih mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat, tentunya program ini juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat. TMMD menjadi salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang sinergis, terintegrasi dan sangat terorganisir. Dimana program ini tentunya memiliki maksud, tujuan dan manfaat yang jelas, baik bagi kepentingan TNI, Masyarakat maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Tujuan program ini adalah untuk mendorong pembangunan khususnya di daerah- daerah terpencil/ pinggiran.” Ujarnya.

” Saya berharap Program TMMD ini dapat mencapai sasaran yang diprogramkan, baik sasaran fisik maupun sasaran lainnya. Bahkan dari keberhasilan tersebut secara langsung mengilhami lahirnya program-program manunggal lainnya seperti TNI Manunggal Pertanian, TNI Manunggal Aksara, TNI Manunggal KB-Kes, TNI Manunggal Sosial Sejahtera, TNI Manunggal Sembako dan TNI Manunggal Reboisasi yang pernah dilaksanakan oleh TNI.” Pungkasnya.

Pembukaan TMMD wilayah Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi dihadiri juga oleh Aster Kasdam lll/Slw, Para Dandim Jajaran Korem 061/Sk, Kepala DPMD provinsi Jawa barat yang diwakili kemudian Bupati Sukabumi yang diwakili, ketua DPRD kabupaten Sukabumi, Kapolres Sukabumi dan Danyonif 301/Kk, Danyon Armed 13/Kostrad, Puslatpur Marinir 6 Antralina, Dansat Radar TNI AU, dan Posal Pelabuhan Ratu, Kakesbangpol Kabupaten Sukabumi, Kasatpol PP Kabupaten Sukabumi, jajaran Kadis terkait wilayah Kabupaten Sukabumi, jajaran Kasi korem 061/Sk, jajaran Perwira Staf Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Camat Ciracap, Kades Cikangkung, Ketua PWI Kabupaten Sukabumi serta tokoh masyarakat desa Cikangkung.

Sumber: Penrem 061/Sk

Redaktur : Hasan