Aliansi Budayawan Dan LSM Jabar UNRAS Tolak Swastanisasi dan Wisata Malam Glow Kebun Raya Bogor

by -146 views

BOGOR, Lintasbogor.com – Sikap Tegas Aliansi Budayawan dan LSM Jawa Barat kembali menggelar unjuk rasa di depan gerbang Kebun Raya Bogor (KRB), pada Rabu (10/11/2021). Mereka menolak swastanisasi dan keberadaan wisata malam Glow Kebun Raya Bogor.

Edi Salaka dari Lembaga Adat Tatar Sunda menyatakan menolak swastanisasi pengelolaan Kebun Raya Bogor yang dianggap menjadi tempat “sakral” bagi masyarakat Bogor, khususnya warga Sunda. Selain itu, KRB adalah sarana konservasi, edukasi, paru paru kota, dan taman hiburan rakyat.

“Menolak Swastanisasi dalam Pengelolaan Kebun Raya Bogor dalam hal ini keberadaan Glow dengan Gemerlap malamnya,” kata Edi dalam keterangan persnya.

Dia menjelaskan bahwa, Aliansi Budayawan ini berdemontrasi dengan damai, berdialog serta bermusyawarah dengan statement serta argumentasi yang rasional sehingga mendapatkan kesepakatan bersama.

Menurutnya, KRB adalah Leuweung Samida atau Hutan Samida yang tertera dalam Naskah Batu Tulis Bogor. Karena itu, dia mengaku bangga menjadi warga Bogor dan orang Sunda, Kenapa Bangga Menjadi Orang Bogor yang tertulis dalam Prasasti Batu Tulis Ciaruteun.

“Di Bogor pula terdapat catatan dalam Prasasti Batu Tulis Ciaruteun yang dalam bahasa Sankret menyatakan ‘Raja Sundah pernah dalam kekuasaanya menguasai dunia’,” ungkapnya.

Red LB