Akhirnya, Masyarakat dan Pemerintah Desa Galuga Mendapatkan BLT Kompensasi TPAS Galuga Kota Bogor

by -255 views

Lintasbogor.com, Cibungbulang – Anggaran bantuan kompensasi Tahap II TPAS Galuga akhirnya terealisasi dan diterima oleh Warga dan Pemerintah Desa Galuga Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor pada tahun 2021 ini, berdasarkan pagu sebesar Rp. 913.412. 500,‐ Anggaran tersebut tentunya bersumber dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor.

Adapun Proses pembagian kompensasi tersebut membutuhkan waktu 3 hari.

Kami awak media Lintas Bogor mencoba mendatangi kegiatan tersebut Kepala Desa Galuga Endang Sujana, SE saat dijumpai di ruangan nya Kamis (06/01) siang dibilangan kantor Desa Galuga mengatakan,

“Ini adalah hari ke-2 penyaluran pembagian Bantuan Langsung Tunai dari jumlah total warga kami sebanyak 2053 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), setiap Kartu Keluarga (KK) mendapatkan bantuan kompensasi tersebut sebesar Rp. 266.950 yang berlangsung di kantor Desa Galuga.

Selain itu, walaupun waktu diguyur hujan penyaluran BLT kompensasi pun tetap semangat, “tambah Kades melihat antusias masyarakat yang datang berbondong – bondong ke kantor Desa Galuga ingin mendapatkan sejumlah bantuan kompensasi itu, dengan tertib dan bersabar.

Seperti yang dikatakan Oman (21) warga RT 12/06 Desa Galuga, sebagai tulang punggung keluarga dan ayah beranak satu ini, ia senang menerima bantuan kompensasi TPAS Galuga dari Kota Bogor tersebut, sebesar Rp. 266.950,‐ disamping untuk meringankan kebutuhan keluarga nya, uang itu akan ia berikan pada istri nya untuk tambahan kebutuhan sehari – hari, “jelas dia

Dalam kegiatan penyaluran bantuan kompensasi ini, kini dihadiri dan di monitoring oleh sejumlah Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Linmas, perangkat desa serta jajaran lainnya, agar kegiatan penyaluran tersebut berjalan tertib, aman dan lancar, semoga ini tidak menjadi kerumunan, selain penyaluran BLT TPAS Galuga ini, kita juga mengadakan percepatan vaksinasi, “Insya Allah percepatan vaksina kita sangat didukung sekali oleh Pemerintah khususnya Pemerintah Cibungbulang, Muspika sangat mendukung sekali percepatan vaksinasi ini di wilayah Desa Galuga hal tersebut sesuai aturan Pemerintah Perpres juga ada, “kata Kades semua penerima bantuan wajib divaksin termasuk PMKS dari Kementerian Kesehatan, itupun sama

Sementara masyarakat yang menerima bantuan pun wajib menyertakan keterangan vaksinasi, jika yang belum tervaksin. Kades Galuga Endang Sujana telah bekerja sama dengan tim medis, dokter nantinya yang akan memvaksin kepada setiap warga yang akan divaksin dan, “Alhamdulillah penyaluran BLT kompensasi TPAS Galuga ini, sudah hampir terserap semua dari total 2053 KPM di hari ke-2 pada penyaluran ini, tentunya Prokes selalu menjadi hal utama, agar kita semua terjaga dari sehat, “imbuh nya.

Diketahui penyaluran BLT dana kompensasi Kota Bogor TPAS Galuga, Pagu anggaran tersebut tahun 2021 sebesar Rp.913.421.500,‐ dengan penggunaan secara rinci diantaranya :
‐ BLT sebesar 6% Rp 548.047.500,‐ dengan per KK masing – masing mendapat sebesar Rp 266.950.‐ dengan jumlah total KPM se‐Desa Galuga 2053 KPM.
‐ Infrastruktur sebesar 35% Rp 319.694.375,‐
‐ Biaya operasional sebesar 5% Rp 45.670.626

Berikut uraian pekerjaan infrastruktur di sejumlah titik berbeda yaitu :
• Hotmix Jaling dan Halaman Masjid RT 01/01 Rp 30 Juta 1 titik Kegiatan
• Pembangunan Rumah Desa Sehat RT 02/01 Rp 60 Juta 1 titik Kegiatan
• Renovasi Aula Kantor Desa Lantai Dua Rp 45 Juta 1 titik Kegiatan
• Pembangunan Drainase RT 03/02 Rp 70 Juta 1 titik Kegiatan
• Betonisasi Jaling dan TPT RT 04/03 Rp. 79.694.375,‐ 1 titik Kegiatan
• Renovasi Masjid Jami Al – Barokah RT 08/05 Rp 35 Juta 1 titik Kegiatan (red)

Editor : Adi