Kota Depok Menerapkan PPKM Level 3 di Pusat Perbelanjaan

by -35 views

Lintasbogor.com– Depok, Pusat perbelanjaan di Kota Depok, tetap meningkatkan protokol kesehatan serta pemeriksaan terhadap pengunjung.
Hal tersebut merujuk kepada pemerintah telah memutuskan mulai tanggal 24 Agustus hingga 30 Agustus di beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari level 4 ke level 3.

Selasa pagi (24/8) Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) sekaligus Director Depok Town Square (Detos) Kota Depok, Sutikno Pariyoto mengatakan kepada awak media setiap mal di Depok akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi para pengunjung. “Mulai dari datang pengunjung mal sudah harus ada sistem aplikasi Peduli Lindungi di depan pintu masuk lalu pengunjung juga dipastikan sudah divaksin,” ujar Sutikno.

Sutikno menambahkan, bagi pengunjung yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid sehingga tidak bisa divaksin, maka sebagai gantinya harus menyertakan surat keterangan tes antigen.
“Sebelum masuk ke mall para pengunjung yang belum divaksin karena komorbid diwajibkan menunjukan hasil antigen di depan sama petugas yang jaga,” ungkapnya

Pengetatan protokol kesehatan ini untuk mencegah klaster baru dipusat perbelanjaan yang memicu peningkatan kasus Covid-19 di Kota Depok. “Untuk rata-rata vaksin di DKI Jakarta sudah mencapai 70 persen sehingga masyarakatnya sudah dapat terlindungi dengan menciptakan Herd Imunity (kekebalan tubuh) bagi virus Covid-19.

Selain itu seiring dengan meningkatnya pengunjung di pusat perbelanjaan kota depok mulai menanjak naik,” tuturnya. Sutikno juga mengatakan anak usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki mal untuk menghindari penularan virus Corona lantaran mereka belum memenuhi syarat vaksin.
“Anak dibawah 12 tahun tidak boleh ke mall. Hal ini dilakukan karena belum boleh melakukan vaksin jika diatas 12 tahun yang sudah divaksin boleh,” tutupnya.

Sebagai salah satu syarat bagi masyarakat Depok yang mau berkunjung ke mal diwajibkan mendownload aplikasi Peduli Lindungi langsung dari Kemenkes.

“Sempat beberapa hari lalu aplikasi Peduli Lindungi sempat eror tidak dapat penginputan data. Namun tidak lama sekarang sudah normal kembali karena sistem langsung dari Kemenkes RI,” ungkap Sutikno, Direktur pusat perbelanjaan Detos ini, juga mengkonfirmasi pihaknya telah melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap seluruh pegawainya.

“Pada bulan kemarin seluruh pegawai Depok Town Square sudah divaksin total ada 5.000 dosis khusus bagi anggota APPBI,” tutupnya. 

Wartawan : Riza
Redaktur : Hasan