149 Peserta Didik SMK Citra Pariwisata Pelatihan Kurikulum Bisnis Digital, Ridwan Kamil: Pondasi Pendidikan Digital Yang Kuat Menghadapi Cuaca Era 4.0

by -175 views

–LINTASBOGOR.com– BOGOR | SMK Citra Pariwisata Kota Bogor didapuk jadi bagian dari Kelas Perdana Kurikulum Bisnis Digital Provinsi Jawa Barat. Kelas Perdana ini merupakan kelanjutan kerja sama Pelatihan dan Pengembangan Bisnis Digital untuk 206 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Barat yang telah diresmikan bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di bulan November 2021.

Program ini bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna menghadirkan program pelatihan bisnis digital untuk 26.000 peserta didik SMK se-Jawa Barat.

Kelas perdana tersebut Kelas pertama kurikulum bisnis digital ini diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi, Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Direktur SMK Kemendikbud Ristek, Wardhani Sugiyanto dan PT Shopee Internasional Indonesia pada tanggal 14 Januari 2022.

Kelas Perdana tersebut diberikan kepada 149 peserta didik SMK Citra Pariwisata yang akan dilatih menjadi calon wirausahawan bisnis digital yang mandiri dalam rangka upaya dalam mempersiapkan ekonomi yang tangguh melalui generasi masa depan yang memiliki keterampilan digital guna menjadi wirausaha yang kreatif, mandiri, dan andal. Selain dengan kurikulum berbasis bisnis digital ini diharapkan semakin banyak peserta didik SMK yang dapat siap pakai di dunia kerja khususnya di sektor digital.

Bisnis Digital Minuman Kopi ” CEKULAH KOPI ” Kreatifitas Peserta Didik SMK Citra Pariwisata, Bisa di Pesan Melalui Shopee Food.

Kepala SMK Citra Pariwisata, Sonny Arfan ST mengutip pernyataan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah penantian panjang akhirnya bisa hadir di momen ini, memulai sebuah cita-cita besar membangun kembali pondasi sebuah rumah yang selama ini rapuh pondasi dari cuaca.

Pondasi pendidikan digital yang kuat menghadapi cuaca era 4.0. Oleh karena itu Jawa Barat berinisiatif dan berinovasi mempercepat proses adaptasi ada 40 pekerjaan yang akan hilang. Tetapi ada 120 juta pekerjaan yang akan datang, jadi jemputlah pekerjaan yang akan datang ini.

“Kami akan menyisipkan Kurikulum Bisnis Digital Shopee dalam kegiatan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) sebagai tindak lanjut dari Program SMK Pusat Keunggulan Direktorat SMK Kemendikbudristek. Kegiatan bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan program keahlian perhotelan yaitu produksi minuman kopi dan di kolaborasikan dengan program keahlian multimedia sebagai tim promosi digitalnya.”ujar Guru peserta TOT Shopee dari SMK Citra Pariwisata, Agil Redhy Kusworo.

“Kami merilis bisnis minuman kopi bermerek “Cekulah Kopi” dengan konsep Teaching Factory berbasis pelatihan barista kopi dengan menghadirkan minuman-minuman berbahan dasar kopi lokal khas Bogor yang diracik dengan kreatifitas peserta didik dari SMK Citra Pariwisata yang terintegrasi dengan aplikasi online, khususnya Shopee Food.

Harapannya dalam waktu yang bersamaan, mereka dapat menambah keahlian sebagai barista kopi sambil melatih jiwa enterpreunershipnya.” Tambah Sutrisno Budiartoro yang juga peserta TOT Shopee dari SMK Citra Pariwisata. ***

Redaktur : Hasan